Thursday, December 4, 2008

Dasar Pemrograman HTML

HTML


HyperText Mark Up Languange (HTML) merupakan aplikasi pertama yang digunakan untuk membuat web dengan protocol yang digunakan dinamakan HTTP (HyperText Transfer Protocol). World Wide Web atau biasa kita sebut dengan Web merupakan salah satu sumber daya Internet yang berkembang pesat.

Pada perkembangan berikutnya, sejumlah skrip dan objek dikembangkan untuk memperluas kemampuan HTML, antara lain PHP dan ASP sedangkan contoh yang berupa objek antara lain Applet(Java).

HTML merupakan bahasa pemrograman yang dipahami oleh semua computer yang dipakai di dunia atau internet. Perintah HTML harus berada didalam tanda <..>, yang digunakan untuk menampilkan fungsi - fungsi tertentu misalnya fungsi link dan sebagainya.


Dinamakan Hypertext karena kita bias membaca isi dari sebuah dokumen/berita tanpa harus membacanya baris demi baris. Kita bias melompat - lompat dari satu topic ke topic lainnya.

Dinamakan MarkUp Languange karena HTML mengandung tanda atau perintah tertentu untuk menentukan tampilan teks, gambar, dsb beserta fungsi - fungsi yan diinginkan.

Contoh : <B>Desain dan Pemrograman Web<B>

Perintah <B> ini menyebabkan tulisan diatas menjadi tebal (Bold) ketika ditampilkan di browser. Browser (Pencari,pembuka situs) merupakan sarana yan digunakan untuk membuka website. Jadi HTML memiliki perintah khusus yang disebut elemen, dan elemen - elemen itu berada di antara tag awal< dan tag akhir>



Membuat Homepage Sederhana

Dalam pembuatah sebuah homepage, ada beberapa software yang dapat digunakan antara lain:

1. Notepad

Program teks sederhana milik Windows yang dapat digunakan untuk mengetikkan perintah HTML. Jika kita menggunakan Linux atau unix, maka kita bisa menggunakan vi atau pico sebagai pengganti Notepad.

2. Pembuat Grafis

Untuk membuat gambar yang menarik perhatian. Seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, dsb.

3. Browser

Untuk melihat hasil/tampilan homepage dari program -program HTML yang telah kita ketikkan di Notepad. Yang kita gunakan kali ini adalah Microsoft Internet Explorer.

Adapun langkah kerja membuat homepage dengan menggunakan Notepad adalah:

- Klik Start pada menu utama Windows

- All Programs

- Accessories

- Notepad

Tips:

Ada 2 hal penting yang perlu kita ketahui yaitu fasilitas View Source dan Refresh yang berguna mempercepat pekerjaan jika kita menggunakan Internet Explorer.

1. View Source, untuk melihat source (isi perintah HTML) dari sebuah dokumen HTML. Pada browser internet explorer,jika mengklik View lalu pilih Source, maka akan terlihat source dari dokumen tersebut seperti pada Notepad. Sehingga kita akan lebih mudah melakukan perubahan/edit dengan cepat

2. Refresh, melihat dengan cepat tampilan baru dokumen HTML yang telah di ubah. Dengan cara mengklik symbol refresh atau tekan F5.

Kerangka Dasar Homepage

Berikut ini adalah kerangka dasar dokumen HTML yang merupakan aturan dari W3 Consortium

<HTML>

<HEAD>***bagian dari head***</HEAD>

<BODY>***bagian dari body***</BODY>

</HTML>

Untuk lebih jelasnya sekarang saatnya praktikum

Buka Notepad dan ketikkan source program berikut

<html>

<head>

<title> Contoh script HTML </title>

</head>

<body>

<h2>Belajar Desain WEB dengan HTML</h2>

HTML adalah dasar pembuatan website,<br>

dimana perintah - perintah HTML dapat diketik <br>

pada notepad (bila menggunakan S.O Windows) atau

Vi(bila menggunakan Linux).

</body>

</html>

Simpan dengan nama Source1.htm dengan memilih type All files. Kemudian buka dengan Browser dan lihat hasilnya.




Cari Artikel Lainnya Disini,,


Artikel Terkait:


Like dan Berikan Komentar